Mutiara Hadits 981 – KESABARAN ITU LEBIH BERHARGA DARIPADA KEJENIUSAN

Banyak diantara kita beranggapan bahwa kemampuan seseorang diukur dari seberapa besar nilai kejeniusan, istilah populer disebut IQ (intelligence quotient).
Maka jangan heran para orang tua berlomba menyekolahkan anak anaknya di sekolah yang mampu untuk membuat anak mereka jadi jenius, pandai pintar sehingga kelak dewasa bisa memiliki banyak gelar yang bisa menjadikan survive di dunia.
Namun ternyata Islam mengukur seseorang bukan dari seberapa tinggi IQ seseorang, tapi seberapa tinggi memahami dan mempraktekan kesabaran.

Banyak orang dikatakan pintar atau jenius, namun tidak bisa berlaku SABAR…
Tidak sedikit anak manusia meraih nilai sekolah begitu tinggi…namun tidak bisa mempraktekan SABAR…
Karena sabar bukan urusan yang main main, dengannya seseorang bisa celaka dan bisa bahagia.
Banyak profesor yang tidak sabar sehingga tak paham apa itu agama, namun banyak orang yang biasa biasa saja bahkan tak pernah merasakan bangku sekolah tapi paham betul apa itu sabar, sehingga Allah Ta’ala pahamkan tentang agamanya.
Sabar menjadi penolong disetiap sisi segala urusan, karena itu Allah Ta’ala perintahkan kepada hambanya untuk meminta pertolongan melalui SABAR.

Allah Ta’ala, berfirman:

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصّٰبِرِينَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan SABAR dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 153)

Selagi kita sering dan akrab memperhatikan kandungan Kitab Allah, yaitu AlQuran tentu akan mendapatkan bahwa yang bisa mengambil manfaat dari ayat-ayat dan mengambil nasihat darinya adalah orang-orang yang SABAR, sebagaimana Allah Ta’ala, berfirman:

وَمِنْ ءَايٰتِهِ الْجَوَارِ فِى الْبَحْرِ كَالْأَعْلٰمِ

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah kapal-kapal (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung.”
(QS. Asy-Syura 42: Ayat 32)

إِنْ يَشَأْ يُسْكِنِ الرِّيحَ فَيَظْلَلْنَ رَوَاكِدَ عَلٰى ظَهْرِهِۦٓ ۚ إِنَّ فِى ذٰلِكَ لَءَايٰتٍ لِّكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ

“Jika Dia menghendaki, Dia akan menghentikan angin, sehingga jadilah (kapal-kapal) itu terhenti di permukaan laut. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang yang selalu berSABAR dan banyak bersyukur,”
(QS. Asy-Syura 42: Ayat 33)

Kita juga akan mendapatkan bahwa Allah Ta’ala memuji orang-orang yang SABAR dan menyanjung mereka. Sebuah pujian yang luar biasa karena langsung Allah Ta’ala yang memberikanNya.

Allah Ta’ala berfirman,

وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

“Dan, orang-orang yang SABAR dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa”. ( QS.Al-Baqarah 2 : Ayat 177)

Kita juga akan tahu bahwa orang yang SABAR adalah orang-orang yang dicintai Allah Ta’ala, sebagaimana firman-Nya.

…وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ

“…Dan, Allah mencintai orang-orang yang sabar”. (QS.Ali Imran 3 : Ayat 146]

Dan juga akan mendapatkan bahwa Allah memberi balasan kepada orang-orang yang SABAR dengan balasan yang lebih baik daripada amalnya dan melipat gandakannya tanpa terhitung. Sebagaimana Firman-Nya.

…وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِينَ صَبَرُوا أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“…Dan, sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan”. (QS.An-Nahl 16 : Ayat 96)

نَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. (QS.Az-Zumar 39 : Ayat 10)

Bahkan Kitapun akan mengetahui bahwa keberuntungan pada hari kiamat dan keselamatan dari neraka akan mejadi milik orang-orang yang SABAR.
Sebagaimana Firman Allah Ta’ala,

… وَالْمَلَائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِم مِّن كُلِّ بَابٍ سَلَامٌ عَلَيْكُم بِمَا صَبَرْتُمْ ۚ فَنِعْمَ عُقْبَىالدَّارِ

“…Sedang para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu, (sambil mengucapkan) :’Salamun ‘alaikum bima shabartum’. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu” ( QS. Ar-Ra’d 13 : Ayat 23-24)

Semua Ayat ayat diatas menerangkan bahwa ini merupakan balasan bagi orang-orang yang SABAR dalam menghadapi berbagai macam cobaan.
Sehingga SABAR menjadi cara dan jalan untuk mengatasi seluruh problem hidup dunia, maka tidak skedar cukup menjadi orang jenius saja, tapi SABAR akan menjadi lebih utama dibandingkan semua yang ada, terlebih balasannya kelak di akhirat nanti.
Wallahu a’lam
#AbuMiQdam/AkhlaqMulia#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *